Selasa, 04 Oktober 2011

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Teknik SEO

Sebelum Anda menerapkan metode di bawah ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, sebaiknya Anda harus mengerti dulu tentang SEO. Penjelasan mengenai SEO dapat Anda lihat DI SINI.

Jangan lupa juga untuk mendaftarkan blog Anda di search engine agar teknik SEO yang Anda pelajari tidak percuma. Kita ketahui bahwa search engine itu jumlahnya banyak tapi ada tiga search engine papan atas seperti Google, Yahoo, MSN. Dan sebaiknya Anda mendaftarkan dulu blog Anda diketiga search engine tersebut. Berikut ini adalah linknya.


Setelah blog Anda terdaftar di search engine, Anda sudah bisa mengikuti metode di bawah ini.

  1. Tulis content lebih banyak. Jika anda menginginkan traffic, anda harus menulis banyak content. Orang-orang tidak akan mengunjungi situs anda jika anda tidak menulis content yang baik, menarik & berkualitas, dan pengunjung baru tidak akan kembali ke blog anda. Maka teruslah menulis tulisan yang menarik.

  2. Design & layout yang baik. Jika design situs anda berantakan, navigasinya sulit, warnanya tidak match atau mengganggu penglihatan (silau), atau juga full error, pengunjung pasti tidak akan betah untuk berlama-lama diblog anda.

  3. Gunakan nama domain sendiri. Saya yakin jika anda memiliki nama domain sendiri anda akan dapat traffic yang lebih banyak. Site kamu akan dilink oleh lebih banyak orang & orang akan lebih mudah untuk mengingat URL anda & blog anda akan terkesan lebih profesional.

  4. Respon segera komentar & email. Orang akan menyukai blog yang pemiliknya interaktif & yang merespon segera komentar dan email yang masuk. Jika anda melakukan ini akan banyak pembaca yang akan setia dan menyukai anda & anda akan mendapatkan traffic dan link lebih banyak.

  5. Perhatikan dan pelajari statistik anda. Pelajari statistic dan Analitic anda. Lihat keyword apa yang digunakan pengunjung untuk mencari blog anda & artikel apa yang disukai atau yang tidak disukai pembaca blog anda. Ini akan membantu anda untuk menentukan tulisan anda selanjutnya yang bisa popular & disisipi dengan keyword yang efektif.

  6. Berkomentar pada blog lain. Ketika anda memberikan komentar di log lain 99.9 % ada box dimana anda dapat menuliskan alamat URL blog anda. Dari sini ketika seseorang melihat komentar anda mereka dapat mengklik URL blog anda. Berikanlah komentar pada blog yang berbeda sebanyak-banyaknya, makin banyak anda memberikan komentar maka akan semakin banyak traffic yang anda dapatkan.

  7. Jalin kerjasama dengan blogger lain. Kembangkan kerja sama dengan semua blogger lain terutama yang blognya sejalan dengan blog anda. Berikan komentar pada blog mereka buat percakapan, link dengan mereka & jalin persahabatan. Dan sebelum anda mengetahui mereka akan mengelink blog anda yang tentunya akan mendatangkan traffic ke blog anda.

  8. Link ke postingan anda yang lain sebanyak yang anda bisa. Link internally ke potingan dalam blog anda. Ini akan membantu ranking blog anda dan juga akan membantu traffic. Jika orang yang datang ke blog anda tidak ada pilihan lagi untuk dilihat maka mereka akan pergi. Ketika anda ngeling ke postingan anda yang lain meraka akan klik link anda dan akan tetap di blog anda lebih lama.

  9. Sign up ke Yahoo! Answer. Di Yahoo Answer anda dapat menjawab pertanyaan orang lain & menolong orang lain. Disana ada box dimana anda dapat menuliskan sumber dari jawaban anda. Jawablah pertanyaan yang ada dan buat link ke blog anda sebagai sumber.

  10. Submit ke site directory. Beberapa directory melisting ratusan site, & beberapa ribuan. Blacklink dari directory adalah baik, tapi traffic dari directory hanya sebuah tric kecil, bahkan hampir tidak ada hasil. Walaupun demikian submit dengan nama site anda menggunakan keyword anda akan dapat ranking yang lebih tinngi di Google untuk keyword tersebut, yang akan berarti traffic yang lebih banyak.

  11. Tukar Link dengan site lain dilingkungan anda. Di manapun tukar link dibuat, entah itu di sidebar pada setiap halaman site, di dalam halaman site tersebut, ataupun di postingan itu terserah anda. Tukar Link dengan orang lain yang memiliki blog yang berhubungan akan banyak membantu. Dan ketika site mereka menjadi besar maka akan lebih banyak membantu.

  12. Gunakan Feedburner untuk orang subscribe to blog anda. Ketika seseorang subscribe blog anda via RSS atau mendapatkan update blog anda via email, mereka akan melihat postingan anda ketika ada yang baru. Hal ini akan menjadi vital untuk menjaga para pembaca tetap berhubungan dengan blog anda & menarik mereka kembali.

  13. Menganjurkan pembaca untuk meng”Digg” artikel anda. Digg adalah sebuah site yang mengumpulkan vote pada artikel. Dengan kata lain pembaca suka atau tidak artikel tersebut. Teman blogger anda akan dengan suka rela meng”Digg” artikel anda jika anda memintanya dengan sopan, atau lebih baik tambahkan tombol Digg pada bagian bawah semua postingan anda. Pastikan artikel-artikel terbaik anda mendapatkan Digg & jika postingan tersebut cukup baik maka akan mendapatkan ribuan visitor tiap hari.

  14. Buat pengunjung blog anda merasa seperti dirumah. Jika anda seseorang yang tidak sopan, jangan pernah memberikan apapun kepada pembaca blog anda, jangan menjawab komentar atau email, jangan menolong blogger lain, atau selalu sinis dan tidak membuat para pembaca blog anda merasa seperti dirumah mereka sendiri, maka besar kemungkinan mereka akan berhenti untuk mengunjungi blog anda. Tapi jika anda membuat mereka seperti dirumah sendiri anda akan mendapatkan banyak traffic.

  15. Tolonglah blogger yang membutuhkan anda. Jika ada blogger pemula yang meninggalkan anda komentar atau email bantulah mereka. Siapa tau suatu saat mereka akan menjadi besar & akan selalu mengingat kebaikan anda.

  16. Jawablah pertanyaan yang anda dapatkan dari komentar ataupun email dengan sebuah post. Jika seseorang memberikan komentar atau pertanyaan dan jawabannya cukup panjang, Jangan buang waktu anda jawablah dengan link ke potingan anda. Jika postingan mengenai hal itu belum ada, buatlah sebuah postingan mengenai hal itu.

  17. Tambahkan link blog anda di forum signature. Ide lain, tapi tetap hanya jika diizinkan. Tambahkan link anda di forum signature dan aktiflah berkomunikasi. Link anda akan terlihat di setiap posting anda. Anda akan mendapatkan traffic yang lumayan jika forum banyak membernya.

  18. Tulis sebuah post dengan title yang menarik, gampang diingat & mengandung keyword. Postingan dengan title yang menarik & gampang diingat biasanya akan mendapatkan traffic yang lebih banyak, apalagi jika mengandung keyword. Anda akan mendapatkan rangking di search engine, dan jika seseorang melink artikel anda dengan keywords tersebut anda akan mendapatkan rangking yang lebih baik dan akan mendapatkan traffic lebih dari google, yahoo, atau yang lainnya.

  19. Gunakan gambar pada postingan anda. Jika postingan hanya berupa text postigan akan menjadi cepat membosankan. Gambar juga berguna untuk SEO jika seseorang mencari gambar di search engine. Tapi saya merekomendasikan hanya menggunakan 1 gambar per posting, agar tidak terjadi kesimpangsiuran pada search engine.

  20. Buat tulisan yang lebih berkualitas. Jika artikel-artikel anda ada yang di Digg atau StumbleUpon oleh para pembaca blog anda, postinglah artikel yang lebih menarik dan lebih berkualitas. Biarkan pengunjung blog anda tau bahwa blog anda adalah blog yang berkualitas dan mereka akan datang kembali.

  21. Teruslah kembangkan blog anda. Para pembaca anda akan kembali lagi pada blog anda jika blog anda terus berkembang secara konstan. Usahakan menulis setiap hari, terutama menulis tentang topik belajar seo.

  22. Jadilah diri anda sendiri "proud to be yourself". Artinya bangga menjadi diri sendiri. Kita tidak usah berpikir bagaimana menjadi seperti orang lain, tapi berpikirlah untuk bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi diri kita untuk menjadi lebih dari orang lain. Karena dengan itu, orang akan menyukai kita daripada kita berpura-pura menjadi orang lain.

2 comments:

berkunjung tuk baca-baca..
makasih infonya
salam kenal..

hatur thanks u..
mantep abis...
berkunjung tuk baca-baca
izin backlink sekalian ya mas bro..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More