Senin, 03 Oktober 2011

Pengenalan Tentang SEO (Search Engine Optimization)

Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet. Pada dasarnya SEO terbagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Onpage Optimization

  2. Sesuai dengan namanya, SEO jenis ini berisi tentang teknik-teknik optimasi dengan memodifikasi faktor-faktor tertentu di dalam webpage / blog itu sendiri, misalnya :

    • Pemilihan keyword yang cerdik, termasuk penggunaannya dalam frase.
    • Hanya menggunakan keyword yang diincar pada Title.
    • Menggunakan symbol «|» pada Title.
    • Penggunan Header Tag.
    • Kerapatan keyword yang cukup pada content, dan bukan keyword spamming.
    • Penempatan keyword pada awal dan akhir webpage.
    • Penggunaan Alt Tag yang tepat pada image.


  3. Offpage Optimization

  4. Offpage optimization pada dasarnya terdiri dari faktor-faktor yang tidak terdapat pada halaman website / blog kita, tapi digunakan dalam algoritma search engine ketika menentukan ranking sebuah situs. Menurut Brad Callen dari Bryxen Software, faktor-faktor ini misalnya :

    • Jenis-jenis situs yang memberi link ke kita.
    • Jumlah situs yang memberi link ke kita.
    • Page Rank situs yang memberi link.
    • Anchor text yang digunakan pada link.
    • Jumlah dan tipe situs yang me-link ke situs yang me-link ke situs kita tadi.



Sumber: Wikipedia

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More