Selasa, 25 Oktober 2011

Cara Meningkatkan Refresh Rate Monitor

Untuk menjaga agar mata Anda dapat bertahan lebih lama di depan monitor komputer, sebaiknya anda meningkatkan refresh rate monitor Anda. Mengapa demikian? Semakin rendah refresh rate monitor, maka layar akan terlihat berkedip-kedip atau bergelombang. Tentu saja hal tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman. Berikut ini adalah cara meningkatkan refresh rate monitor:


  1. Klik kanan pada desktop dan klik Properties
  2. dalam kotak dialog Display Properties, klik tab Settings, kemudian klik tombol Advanced
  3. Dalam kotak dialog berikutnya, klik tab monitor. Pada bagian Monitor Settings, hilangkan tanda centang pada bagian Hide modes that this monitor cannot display
  4. Gantilah nilai refresh rate, sebaiknya minimal nilai refresh rate adalah 75 Hz. Setelah selesai klik Apply terlebih dahulu untuk mencoba apakah monitor Anda dapat mendukung perubahan yang dilakukan. Terakhir klik Ok dan Ok sekali lagi pada kotak dialog sebelumnya.

Sebagai tambahan sebaiknya sebelum Anda lakukan perubahan nilai refresh rate,pada tab General, pada bagian Compatibility pilihlah Apply the new display settings without restarting. hal ini bertujuan supaya tindakan perubahan yang Anda lakukan dapat langsung diterapkan tanpa harus melakukan restart komputer. Selain itu dengan cara ini, jika monitor Anda tidak dapat mendukung nilai refresh rate tinggi dan monitor Anda menjadi gelap, Anda dapat dengan mudah melakukan tombol Esc pada keyboard. Sedangkan jika Anda memilih bagian pertama yaitu setelah restart Anda akan kesulitan untuk mencegah terjadinya error. Dan perlu diperhatikan bahwa tidak semua monitor mampu berjalan pada refresh rate tinggi.

Jika monitor Anda tidak mampu mendukung refresh rate tinggi, tapi Anda bersikeras untuk meningkatkan refresh rate monitor Anda, maka turunkanlah nilai resolusi monitor Anda. Karena dengan resolusi yang berbeda, monitor mendukung nilai refresh rate yang berbeda pula.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More